Thursday 28 October 2010

a Gift from Chanson David... a decimal watch




Kira-kira seminggu yang lalu saya menerima e-mail dari Mr. David Chanson mengenai artikel decimal watch di blog saya. Saya pikir ada sesuatu yang mengganggu, karena saya tidak meminta ijin sebelumnya untuk memuat foto dan link mengenai perusahaannya... ternyata beliau menawarkan hadiah yaitu sebuah jam desimal!!

Hari ini saya menerima kiriman paket pos dari Swiss, dari pabrik arloji Chanson David.
- www.chansondavid.com



The "Comparative" watch, adalah arloji desimal yang pertama kali menggunakan skala ganda pada dial-nya sehingga dapat secara sekaligus menunjukkan waktu yang diukur menggunakan waktu standar dan waktu desimal



The measurement of time
Pada tahun 1960, lembaga International System of Units (SI) menetapkan satuan-satuan pengukuran berdasarkan 7 besaran pokok yang dipakai untuk mengukur semua besaran fisika. Besaran untuk mengukur waktu adalah "detik"

SI berusaha untuk membuat semua satuan pengukuran (unit) dengan menggunakan sistem desimal. Sedangkan pengukuran waktu standar korelasi antara jam, menit dan detik adalah sistem sexagesimal.

Menurut SI pembagian waktu 1 hari kalender adalah 2 x 10 unit. Dan pembagian waktu adalah secara desimal. 1 jam dibagi menjadi 100 menit dan 1 menit dibagi menjadi 100 detik.

Konsep "Comparative" dirancang pada tahun 1999, yang secara sekaligus dapat menunjukkan waktu secara sexagesimal (jam dan menit) dan waktu secara desimal (per sepuluhan) yang ditunjukkan dengan skala ganda pada dialnya.

Informasi mengenai waktu desimal:
- wikipedia - decimal time

Informasi mengenai waktu sexagesimal:
- wikipedia - sexagesimal

Informasi mengenai SI:
- wikipedia -International System of Units

Informasi mengenai besaran pokok:
- wikipedia - besaran pokok

Informasi mengenai waktu:
- wikipedia - time/waktu

No comments:

Post a Comment