Tuesday 7 September 2010

Grandes Complications....

Istilah complication adalah fitur tambahan pada arloji selain dari fungsi menunjukkan jam, menit dan detik.

Arloji yang hanya menunjukkan hanya jam, menit dan detik dikenal sebagai "simple movement". Tambahan fungsi seperti display hari/tanggal, chronograph, dan mekanisme winding otomatis pada saat ini sudah tidak dianggap sebagai komplikasi, walaupun seharusnya adalah termasuk komplikasi.


Maitres du Temps Chapter One - www.maitresdutemps.com

Komplikasi yang umum adalah moonphase, power reserve, GMT, dan full calendar.

Selanjutnya arloji Grandes complications dikategorikan dalam 3 grup, dan paling tidak mempunyai 3 komplikasi rumit pada kategorinya. Kategori dan contoh komplikasinya:
1. komplikasi pengukuran waktu timing) - split-second flyback chronograph
2. komplikasi astronomikal - perpetual calendar
3. komplikasi striking - minute repeater


Franck Muller Aeternitas Mega 4, adalah arloji yang paling rumit di dunia. 36 jenis komplikasi, 25 komplikasi diantaranya dapat terlihat, 1483 komponen dan kalender 1000-tahun. www.franckmuller.com


Kedua terumit adalah Jaeger LeCoultre Hybris Mechanica Grande Sonnerie, 26 komplikasi dengan 1300 komponen. www.jaeger-lecoultre.com/hybris-mechanica

Awalnya arloji komplikasi ini dibuat karena ambisi untuk menyatukan berbagai fungsi dalam satu kesatuan unit jam kantong/arloji. Makin banyak fitur komplikasi makin rumit dalam desain, pembuatan, perakitan dan reparasinya. Arloji chrono dengan tanggal, umumnya paling banyak terdiri dari 250 komponen, sedangkan Grandes complications bisa mencapai 1400 komponen.

No comments:

Post a Comment