Wednesday 29 September 2010

Enamel dial and enamel techniques

Enamel atau vitreous enamel (bhs. Indonesia adalah Email) adalah material vitreous (bersifat kaca) dalam bentuk kristal dengan kandungan silika, feldspar, kaolin dan oksida logam. Oksida logam ini yang akan menimbulkan kombinasi warna yang beraneka ragam.



Serbuk enamel tersebut diaplikasikan pada permukaan logam dan kemudian dibakar pada suhu sekitar 700-850°C, serbuk akan meleleh dan menempel pada permukaan logam dan mengeras membentuk permukaan yang sangat halus, keras dan translusen. Enamel dapat juga diaplikasikan pada permukaan kaca, dan keramik.



Proses aplikasi enamel berulang kali, sensitifitas terhadap suhu pembakaran berulang kali untuk menghasilkan warna dan kemungkinan gagal yang tinggi membuat dial arloji enamel adalah proses sangat sulit. Proses ini disebut juga sebagai Grand Feu.

Berbagai teknik enamel untuk dial arloji antara lain:


Cloisonné – “sel-sel” yang dibuat menggunakan kawat (perak atau emas) yang ditekuk menjadi bentuk desain dan disolder pada permukaan dial dan kemudian sel-sel tadi diisi dengan enamel berwarna dan kemudian dibakar.


Ulysse Nardin Tellurium Cloisonné
- www.ulysse-nardin.ch


Champlevé – permukaan logam dikeruk/diukir membentuk desain dan cekungan yang terbentuk disi dengan enamel dan dibakar. Membentuk kombinasi permukaan logam dan enamel.


Cartier de Pasha Champlevé
- www.cartier.com


Paillonnee – teknik yang sangat jarang karena pembuatannya yang sangat sulit, potongan-potongan sangat kecil dari daun emas yang dikombinasikan dengan berlapis-lapis enamel translusen.


Jaquet Droz Grande Seconde Paillonnee
- www.jaquet-droz.com


Flinqué – adalah dial guilloché (engine turning) yang dilapis dengan enamel berwarna yang transparan.


Ulysse Nardin Classico


Miniature painting – gambar dilukis menggunakan enamel berbagai warna. Bubuk enamel dicampur dengan minyak untuk menempelkannya pada dial sebelum dibakar dan menjadi gambar yang berwarna.


Jaeger LeCoultre Reverso Pavonia
- www.jaeger-lecoultre.com

Baca informasi selengkapnya mengenai enamel dial dan pembuatannya pada artikel The art of the dial - Trial By Fire - The dangerous art of enamel oleh Jack Forster di - www.timezone.com

Umumnya yang disebut dial keramik/porselen putih sebenarnya adalah lapisan enamel warna putih pada dasar pelat logam.

Patek Phillipe Calatrava Email
- www.patek.com

No comments:

Post a Comment