Wednesday 25 August 2010

Repeater....



Patek Philippe 5078 Minute Repeater, pada jam 12:59, arloji berdentang 12x gong jam, 3x gong 15 menitan, dan 14x gong menitan. (3 x 15) + 14 = 59.

Repeater adalah arloji dengan mekanisme lonceng dan pemukul yang akan berbunyi menunjukkan jam dan menit ketika tombol dipencet atau ketika slider digeser. Awalnya repeater berkembang pada zaman sebelum adanya penerangan lampu listrik, waktu dapat diketahui dalam keadaan gelap tanpa penerangan dan juga untuk orang dengan cacat penglihatan.


Franc Vila Supersonico 5 minute repeater, repeater 5 menitan berbunyi sebanyak jam dan jumlah 5 menitan yang telah lewat pada periode jam tersebut. Contoh pada jam 2:25 arloji berbunyi: "bong, bong, bing, bing, bing, bing, bing". www.francvila.com

Ada beberapa jenis repeater, repeater sederhana hanya berbunyi menunjukkan “jam” saja, sedangkan “minute repeater” umumnya mempunyai 2 lonceng yang mengeluarkan nada berbeda untuk menunjukkan jam (nada rendah), seperempat jam (kombinasi nada rendah dan tinggi) dan menit (nada tinggi). Ada juga repeater 5 menitan, 7 1/2 menitan (half quarter), 10 menitan (decimal) dan 15 menitan.


Vacheron Constantin Philosophia Minute Repeater, Single Hand, Moon Phase, Tourbillon - www.vacheron-constantin.com

Repeater berbunyi secara on-demand, berbeda dengan “striking clock atau sonnerie” yang terus berbunyi pada interval tertentu.


JLC Master Minute Repeater - www.jaeger-lecoultre.com

Mekanisme repeater adalah komplikasi yang sangat rumit, dan pada saat ini arloji repeater bernilai tinggi dan menjadi koleksi yang mahal.


Kari Voutilainen Decimal Repeaters, arloji minute repeater yang tidak menggunakan basis 15 menitan, tetapi 10 menitan. Pada jam 12:58, arloji berdentang 12x gong jam, 5x gong 10 menitan, dan 8x gong menitan.
www.voutilainen.ch

No comments:

Post a Comment